Laman

Sabtu, 11 Januari 2014

Membuat Project Java Netbeans 6.5.1

netbeans
Langkah-langkah awal dalam membuat program berbasis java dengan editor Neatbeans 6.5.1, sebagai berikut :
* Pada tampilan utama Windows → Klik Start → Pilih All Program → NetBeans → Klik icon Netbeans 6.5.1 (Tunggu beberapa detik NetBeans 6.5.1 sedang dalam proses pengaktifan)
Membuat Project
Semua program java di dalam NetBeans berada didalam kerangka sebuah project. Semua file dalam resource lainnya diperlukan oleh program akan diletakkan dalam project. Dalam  bentuk fisik, project juga mewakili sebuah direktori dalam dalam disk. Ketika kita membuat sebuah project. NetBeans otomatis akan membuat sebuah direktori di dalam disk.
Pada bagian ini kita akan berlatih membuat project pertama menggunakan Editor Version NetBeans IDE 6.5.1, berikut langkahnya :
netbeans1
Jalankan menu File → New Project atau tekan <Ctrl+Shift+N>→ Didalam Wizard New Project pilih Java pada colom Categories dan pada colom Project pilih Java Aplication, lanjutkan dengan mengklik tombol Next.
netbeans2Selanjutnya pada tampilan Name And Location isikanlah  nama project dan tentukan juga lokasi serta folder tempat penyimpanan project nantinya, untuk project pertama ini beri nama operator_aritmatika tanpa menggunakan spasi dan Simpan pada directory di E:\java_07123_si15 dengan mengklik tab Browse, sebelumnya buat folder di E:\  contoh E:\java_07123_si15). Jika pengaturan selesai klik tombol Finish.Membuat Frame
Klik kanan pada project_aritmatika pilih New → Jframe Form
netbeans3
Ketik nama JFram From  dengan latihan1 kemudian Finish Kanan pada form pilih Set Layout → Null Layout
 netbeans4
 Selanjutnya pada tampilan Name And Location isikanlah  nama project dan tentukan juga lokasi serta folder tempat penyimpanan project nantinya, untuk project pertama ini beri nama operator_aritmatika tanpa menggunakan spasi dan Simpan pada directory di E:\java_07123_si15 dengan mengklik tab Browse. Jika pengaturan selesai klik tombol Finish.Untuk settingan meletakkan komponen yg akan digunakan dalam mendesign program mudah diatur, Klick Kanan pada Frame yang kosong pilih Set Layout → Null Layout.
Untuk memasukkan Komponen tersebut ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Komponen Label
Sebelumnya Setting layout menjadi Null seperti langkah pada pembahasan sebelumnya agar peletakkan komponen-komponen pada Frame mudah diatur. Pilihlah Label pada jendela Pallate | Swing Control
netbeans5

Klick dan Drag Komponen Label dalam area Frame, posisikan sesuai dengan design program, untuk merubah text Pilihlah, Klick Kanan Pada Komponen label Pilih Edit Text, rubah sesuai dengan desain program, pada program latihan 1 ini komponen Label yang digunakan  sebanayak 5 (lima)
netbeans6 
2. Komponen TextField
Selanjutnya tambahkan komponen TextField, Klik pada Jendela Pallate | Swing Control kemudian pilih JTextField
netbeans7 
Posisikan komponen Klick & Drag tepat disebelah kanan komponen Label, untuk merubah ukuran JTextField letakkan kursor pada kotak-kotak kecil disebelah kanan, klik dan drag kearah kanan, dan kosongkan text yang ada pada TextFiled dengan cara klik kanan pada komponen TextField → Edit Text.
Setelah Komponen Text Field diposisikan sesuai dengan bentuk design yang diinginkan, langkah selanjutnya, set variabel komponen TextField, klik kanan pada Komponen TextField Pilih Change Variabel Name.
netbeans8
3. Komponen Button
Selanjutnya tambahkan komponen Button, Klik pada Jendela Pallate | Swing Control kemudian pilih Button

Setelah Komponen Button diposisikan sesuai dengan bentuk design yang diinginkan, langkah selanjutnya, Edit Nama sesuai dengan nama Button, klik kanan pada Komponen  Button Pilih Edit Text dan set Variabel, Klik kanan pada Komponen Button Pilih Change Variabel Name.

Nah, sampai disini kita telah menginputkan 3 (tiga) jenis komponen di dalam sebuah frame netbeans (label, button dan textField).

Langkah-langkah untuk menjalankan (RUN) Java Netbeans :
  • Klik kanan pada nama project yang telah dibuat →  Klik CLEAN (ini dilakukan untuk memastikan bahwa di dalam project kita tidak terdapat error)
  • Untuk menjalankannya (RUN), klik kanan pada nama Frame yang telah dibuat (mislnya Frame Latihan_1.java) Klik RUN FILE atau tekan tobol SHIFT + F6
ok, sampai disini dulu yah tutorial membuat project di Netbeans, semoga bermanfaat...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar