Kali ini
saya coba share ke teman2 bagaimana membuat game PUZZLE ANGKA dengan
Macromeia Flash 8 yang dilengkapi dengan waktu dan skor. Pada game
puzzle angka ini kita akan melakukan penyusunan angka2 yang telah diacak
hingga terurut seperti pada pola yang telah ditetapkan sebelumnya.
Konsep desain dan algoritma game yang digunakan sama seperti konsep
pembuatan game puzzle gambar yang bisa teman2 dapatkan pada postingan
terdahulu (disini).
Logika
skornya adalah : kita harus membuat variabel skor untuk masing-masing
kotak yang menampung nilai. Variabel ini akan menampung nilai skor
ketika kotak tersebut ditempati oleh angka yang benar dan jika salah,
maka variabel ini akan berisi 0 (tidak ada nilai skornya). Untuk mencari
total skornya, maka kita tiggal menjumlahkan nilai dari seluruh
variabel penampung skor masing-masing kotak, sederhana bukan ????....
- Silahkan buat New Document pada flash 8 Anda, dan pada layer 1 frame 1 desain halaman pembuka seperti di bawah ini. Layer 1 kita gunakan sebagai form desain
- Silahkan tambahkan Layer 2 dan beri namanya menjadi Script
- Kembali ke Layer 1 Frame 1 untuk mendesain halaman awal (halaman pembuka game)
- silahkan Anda buat text Puzzle, kemudian tambahkan tombol (bisa anda di desain sendiri) sebanyak 3 (tiga) name dan instance name tombol masing-masing buat menjadi bPetunjuk, bMulai dan bKeluar
- Pada Layer 1, silahkan Insert Key Frame pada Frame 2. Ini kita gunakan sebagai Frame Petunjuk (menuliskan petunjuk penggunaan game). Silahkan Anda desain petunjuknya, gunakan text tools untuk menuliskan petunjuk, kemudian tambahkan 1 buah tombol beri nama dan instance namenya menjadi bMenu seperti pada gambar di bawah ini :
- Masih pada Layer 1, silahkan Insert Key Frame pada Frame 5. Frame ini kita gunakan untuk mendesain halaman game puzzle angka. Di dalam stage frame 5 ini, silahkan Anda tambahkan Text Tool sebagai label maupun Text Box untuk menampilkan angka2 acak, seperti pada gambar di bawah ini :
Perhatikan kotak2 pada gambar di atas, jumlah kotaknya ada 9 kotak.
setiap kotaknya silahkan kovert menjadi movie clip dan beri namanya
menjadi A s/d I, kemudian di atasnya letakkan text tool dengan type
dynamic dan beri namanya t1 s/d t9.
Di sebelah kanan pojok atas ada
tulisan waktu. untuk membuatnya silahkan gunakan text tool sebanyak 3
buah (text tool pertama var = menit, kedua text nya :, ketiga var =
detik) dan sebenarnya ada 1 lagi text tool beri var = time (textool ini
tidak ditampilkan/di sembunyikan di belakang gambar lain) artinya yang
ditampilkan nantinya hanya menit : detik.
Kemudian di pojok kanan
bawah ada nilai. kotak ini akan menampilkan nilai yang kita dapatkan
ketika angka yang kita pindahkan menempati posisi yang benar. Silahkan
buat dengan menggunakan text tool dan ganti var = skor
- Masih pada Layer 1, silahkan Insert Key Frame pada Frame 10. Frame ini digunakan untuk menampilkan halaman ketika Game Over atau ketika susunan angka komplit.
Anda inputkan text tool dan ganti var menjadi ket (digunakan untuk
menuliskan game over, sukses dan selamat tergantung kondisi yang dibuat
dari game). Tambahkan lagi text tool untuk menampilkan Skor Akhir dan
beri var = skor. Yang terakhir adalah kotak / text untuk menampilkan
pesan beri var= pesan.
Tambahkan tombol main lagi (instance name =
bMainLagi digunakan untuk kembali ke halaman game/frame 5) dan tombol
untuk kembali ke menu (instance name = bMenu untuk kembali ke halaman
menu/frame 1).
ok....sekarang kita mulai membuat script pada layer Script di masing-masing frame.
- Script untuk Frame 1 (klik Layer Script Frame 1, kemudian tekan tombol F9 untuk membuka Jendela Action.
Semoga bermanfaat ya teman-teman... dan jangan lupa klik salah satu tombol di bawah untuk share ya.. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar